Akrabkan Diri Dengan Sedulur Papat Lima Pancer

Erwin Alexandra - Sewaktu Di Teluk Gelam Sumatera SelatanDetik berganti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun pun berganti tahun. Tak terasa (baca manusia terkadang kurang menyadari) bahwa sebenarnya umur kita semakin berkurang, bukan bertambah. Tradisi merayakan ulang tahun kelahiran, sebenarnya adalah mengingatkan kita akan hidup dan kehidupan kita di dunia ini. Silih berganti, yang bayi akan menjadi anak-anak, kemudian remaja, dewasa, tua dan tiada di dunia fana (akhir kehidupan di dunia). Tidak dapat dipungkiri, setiap orang pasti akan mengalaminya, hanya menunggu giliran saja. Tak mudah memang manusia menjalani kehidupan di dunia ini apabila tidak mendekat kepada yang Maha Kuasa (meski sebenarnya Kita dan Dia adalah satu), namun saya pikir menggunakan bahasa mendekat, untuk kalangan umum lebih luwes. Namun untuk kalangan tertentu (yang sudah sampai kesana pemahamannya) tentulah Aku dan Dia adalah Satu.

Di dalam pengembaraanya di dunia manusia ditugaskan oleh Tuhan (lagi-lagi di kalangan tertentu sebutan ini sebenarnya juga kurang pas), karena Tuhan itu asal kata awalnya adalah Tuan dalam bahasa Inggris disebut Lord. Sedangkan jika kita ingin mengucapkan nama Sang Maha Pencipta, yang paling pas adalah Allah, dalam bahasa Inggrisnya yaitu GOD (maaf untuk agama yang saya agem saja) untuk yang lain tentulah punya sebutan tersendiri. Namun, sekali lagi untuk kalangan umum nama Tuhan saya rasa adalah yang paling luwes (sudah mendarah daging di masyarakat).

Menyandang kedudukan sebagai “wakil Tuhan” di muka bumi tentulah manusia tidak akan dibiarkan sendiri tanpa bekal apa pun. Sedikit ilustrasi (meski sebenarnya tidak bisa diilustrasikan), ketika ada seorang presiden, meminta wakilnya untuk pergi ke suatu tempat, tentulah sang presiden tadi tidak akan membiarkan sang wakil tadi dengan begitu saja. Pasti sang wakil akan diberikan bekal, bisa uang, kendaraan, pengawal dan sebagainya. Kenapa kok diberi bekal? Tentunya sang presiden tidak ingin sang wakil nanti mengalami kesulitan saat melaksanakan tugasnya. Karena hasil kerja sang wakil tadi di suatu tempat tersebut adalah cerminan dari sang presiden.

Sekali lagi, di atas hanya ilustrasi saja (meski sebenarnya sangat kurang pas). Namun, tentulah kita semua bisa sedikit mengambil benang merah, bahwa manusia sebagai wakil Tuhan di muka bumi ini, pasti diberikan bekal oleh Tuhan. Seperti yang sudah dipaparkan oleh orang-orang jawa, bahwa kelahiran manusia di dunia ini adalah diiringi dengan saudara-saudara halus kita (merekalah yang menjadi sang penjaga kita selama kehidupan di dunia). Merekalah yang selalu membantu kita setiap kita ada kesulitan. Namun karena wujudnya yang ghoib, manusia dengan keterbatasan inderanya banyak yang tidak menyadari kehadiran mereka. Mereka ada di dekat kita. Saya memang tidak begitu hafal dengan ayat-ayat tertulis, namun pernah membaca di ayat-ayat tertulis, dikatakan bahwa “setiap manusia ada penjaganya“.

Salah satu sifat dari ilmu Tuhan adalah tidak dijabarkan secara terang-terangan, akan tetapi ibarat pintu hanya dibuka sedikit saja, selebihnya manusialah yang harus menggalinya. Jadi, apabila ada yang bilang, wah hal semacam itu di ayat-ayat yang tertulis tidak dijelaskan, di hukum yang lain juga tidak ada. Berarti itu salah, bid’ah, nanti jadinya musrik, sirik. waduhh

Cukup!!!

Manusia memang diciptakan dengan beraneka macam perbedaan, tingkat pengetahuan dan pemahaman. Sakit rasanya ketika mendengar ada seseorang yang dengan seenaknya bilang itu bid’ah, tidak ada tuntunannya, hati-hati nanti sesat.

Bukankah sudah diterangkan bahwa, ayat-ayat Tuhan tersebar di alam semesta ini, sebagian ada yang tertulis, namun yang lebih banyak adalah ayat-ayat kauniah (tidak tertulis). Untuk membaca ayat-ayat tertulis, bagi orang yang sudah belajar membaca tentunya akan mudah tahu, namun orang-orang yang bisa membaca ayat-ayat tertulis tadi belum tentu mampu membaca ayat-ayat yang tidak tertulis, yang tersebar di alam semesta, meliputi seluruh elemen alam. Memang, boleh-boleh saja orang mau bilang bid’ah, sirik dan sebagainya. Terserahlah, wong pikiran-pikirannya dia, hati-hatinya dia, mulut juga mulutnya dia. Tapi,,, resiko ditanggung sendiri :)

Wah, nampaknya bahasan yang behubungan dengan judul artikel ini, malah sedikit. hehe

Tak apalah, artikel ini saya buat mengalir saja, mengikuti irama tertentu. Mungkin lain kali akan ada pembahasan yang lebih lanjut sehubungan dengan mengakrabkan diri dengan sedulur papat lima pancer. Semoga ada sesuatu di dalam artikel ini yang dapat kita petik buah kebijaksanaannya.

Oya, saya kemarin telah menyusun sebuah paper yang sedikit banyak membahas mengenai sedulur papat lima pancer ini yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, namun mohon maaf untuk sumber pendapat dari saya sendiri tidak saya masukkan ke dalam paper tersebut. Karena sejatinya pengalaman setiap manusia adalah unik dan haknya untuk menjalani kehidupan dengan caranya sendiri, berdasarkan bimbingan yang dia terima dari Sang Guru Sejati, sukma sejati dan juga Rasa Sejatinya (Pengetahuanku adalah pengetahuanku, dan Pengetahuanmu adalah pengetahuanmu). Berbijaksana di dalam perilaku, ucap dan pikir tentulah itu laku utama.

Bagi pengunjung yang budiman, apabila ingin mendapatkan modul tersebut, Insya Allah saya akan dengan senang hati untuk berbagi. Silahkan bisa kontak.

Sah Lam

Pin It

185 thoughts on “Akrabkan Diri Dengan Sedulur Papat Lima Pancer

  1. assalamualaikum pa alek saya tertarik dengan artikel mengenai sedulur papat lima pancer bagai mana cara mendapat kan nya..?

    • Sudah saya kirimkan ke email njenengan ya. Silahkan dicek, semoga ada manfaatnya.
      Salam

  2. salam sejahtra pak Alex.saya mohon maaf sebelumnya,saya nonmuslim bisa saya ngamalan atau belajar mantra sedulur papat,sebab saya sangat tertarik dgn cara cara kejawen, cuma agama saya buddha,tlg di berikan pengarahan dari pak ALEX. Trimakasih.
    email saya : tjoen.seng@facebook.com
    tlp 081586751206

    • :), terima kasih Pak TJOEN SENG telah berkunjung ke blog saya. Semua itu tak terlepas dari arahan Tuhan Yang Esa. Bak menaiki anak tangga untuk mencapai ke puncak, haruslah dilalui setapak demi setapak. Pada kondisi tertentu terkadang manusia sering mempersoalkan tentang agama, padahal agama adalah rahasia pribadi masing-masing manusia terhadap Illahi. Seiring perkembangan spiritualnya, semakin memahami esensi hidup dan kehidupan, manusia akan mengalami suatu kesadaran yang lain daripada yang lain.
      Yang ada hanyalah kebaikan, siapa yang berbuat baik maka iapun akan mendapatkan kebaikan. Siapa yang berbuat keburukan kepada siapapun (sesama manusia, tumbuhan, hewan, makhluk gaib dan seluruh makhluk yang ada di alam semesta) maka iapun akan mendapatkan keburukan.
      Nah, salah satu contoh ilmu dan pengetahuan tentang sedulur papat lima pancer ini adalah sebuah bentuk kesadaran manusia pada tataran yang lebih tinggi, jadi mohon maaf, agama apapun tentu saja boleh. Karena ini semua adalah kodrat, dan begitulah adanya, begitulah pengetahuan itu diberikan kepada manusia setahap demi setahap semakin tinggi menuju SATU yang ESA tanpa memandang apapun latar belakang agama, budaya maupun keyakinannya.

      Salam

      • Pak alex , mohon kirimkan artikelny cara agar kita dekat dengan sedulur papat limo pancer dan ritual2nya. Makasih

  3. Sudah saya kirimkan ke email panjenengan, jika seandainya tidak bisa di download, silahkan kontak lagi (karena baru mencoba menggunakan google drive/penyimpanan file secara virtual di google, sedangkan biasanya saya lampirkan saja filenya).
    Salam

  4. Assalamualaikum Pak Alexandra di tempat,
    setelah saya baca artikel anda saya tertarik dengan sadulur papat lima pancer, Saya mohon dengan ikhlas, bapak alexandra dapat mengirimkan modulnya tersebut ke email saya.
    trimakasih semoga tuhan menambahkan ilmu yang banyak kepada bapak. wasalam
    Bogor 29 Januari 2013

  5. Wa’alaikumsalam Pak Drajat,
    Terima kasih telah berkunjung ke blog saya
    Modul tersebut sudah saya kirimkan ke alamat email Bapak.
    Semoga bermanfaat.

    Salam

    • Selamat sore mas …sya tertarik dngn modul sadulur papat kelima pancer,mhn krm ke e mail sya …terima ksh…

  6. Assalamualaikum Pak Alexandra
    Saya mohon dengan ikhlas, pak alexandra dapat mengirimkan artikel sedulur papat lima pancer tersebut ke email saya.
    trimakasih semoga Tuhan menambahkan ilmu yang banyak kepada bapak. wasalam
    Cirebon, 4 Februari 2013

    • Wa’alaikumsalam Pak Sugeng,
      Aamiin.
      sudah saya kirimkan ke email Panjenengan, silahkan dicek.
      Nuwun

  7. assalamualaikum..
    Pak Alex, mhn bantuan dan keikhlasan bpk utk mengirimkan artikel sedulur 4, 5pancer ke email sy. Matur nuwun. Smoga ALLAH SWT melimpahkan rahmat NYA kpd Anda.

    • Wa’alaikumsalam Pak Deby
      Aamiin.
      Sudah saya kirimkan via email, silahkan dicek. Semoga bermanfaat.
      Sahlam

  8. Aslmkum…
    Jika berkenan, mhon dengan sangat mengirimkan artikel paper sedulur papat lima pancer, karean saya tertarik.
    matur suwun

    • Wa’alaikumsalam
      Terima kasih Mas Toni sudah berkunjung ke blog saya. Paper mengenai sedulur papat limo pancer sudah saya kirimkan ke alamat email panjenengan.
      Nuwun

  9. ass wr wb, jika mas berkenan saya ingin artikel tsb, tolong dikirim ke facebook mas, soalnya email saya sudah nonaktif, tolong dibantu ya mas soalnya saya sangat tertarik .
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih :)

  10. kang krimin ke imel q kang

    sak durunge bumi suargo neroko lan sak sekabehane di ciptakne ingsun iku wez ono sopo iku engsun

  11. Assalamu’alaikum wr.wb
    salam kenal Pak Alex, sy dr pekalongan, sy sngat trtarik dengan artikelnya. Kalau Bpk brkenan sy minta dikirimi artikel papernya..
    Pak, apa bnar kalau msh ada keturunan dr orng pintar (kejawen) bs lebih mudah utk brlatih ilmu kejawen sprti ini..?
    trims..

    • Wa’laikumsalam Pak Aji
      salam kenal juga, salam sehati sejiwa dari saya di semarang. Papernya sudah saya kirimkan, semoga bermanfaat.
      “guna menyelamatkan seluruh keturunan turun temurun sesuai susunan dalam tuntunan sampai akhir zaman”
      Begitulah yang pernah saya terima dari para leluhur terdahulu

      Jika memang ada keturunan yang masih dikenali, tentulah jauh akan lebih mudah untuk mencapai puncak ketimbang yang biasa
      namun juga jangan berkecil hati bagi yang belum mengetahui dan menemukan leluhurnya yang dianggap mumpuni mengenai ilmu ketauhidan (bukan ilmu agama lho)
      karena meski yang diketahui saat ini, mungkin tidak ada, bisa saja ribuan leluhur di atas kita salah satunya adalah yang saat ini sudah berada di puncak itu
      Hal itu tentu akan memberikan bimbingan bagi anak cucu turun temurunnya yang “ingin” kembali pula dengan sempurna/mencapai puncak.

      Pesan saya “sering-seringlah doakan para leluhur, terutama kedua orang kita dulu jika sudah tiada. Jika masih ada, berbaktilah”
      karena “doa yang diterima adalah doa yang masih hidup dan itulah yang senantiasa dirindukan oleh kehidupan (mereka yang sudah berada di alam kelanggengan)”

      Salam

  12. Maaf kalau saya bisa mengkorek-si, Pepatah diatas, Rindang tapi tak berbuah tinggi tapi tak berakar itu diibaratkan bahwa PODO WAE or SAMI MAWON, yang baik itu Ridang Berbuah Lebat Tinggi Berakar Kuat, itulah “SOPO SIROH SOPO INGSUN”, “Alastu Birobbikum…..” Ke atas Menyembah Kebawah Mangayomi” “RAHMAN DAN RAHIM” Saking Kersanengallah Karena Allah Ta ala….

    • :-), Emm begitu ya. Yang panjenengan babarkan tidak salah, mungkin dapat juga ditafsirkan demikian.
      Berarti panjenengan sudah melihat yang tak terlihat.

  13. Assalamualaikum.Wr.Wb
    mas saya tertarik dengan artikel yang anda ramgkum ini,mas apa mas bsa mengrimkannya ke email saya
    mas.
    trimakasih.
    Wassalam.

  14. nyuwun sewu kang.
    kulo penasaran kepingin ngerti coro ne ketemu kakang kawah lan adi ari ari

    matur nuwun

  15. Teruntuk sahabat sekalian, papernya sudah saya kirimkan ya ke email masing-masing, jika ada yang kelewatan, mohon untuk menginformasikan dengan mengisi komentar setelah ini.
    Nuwun

  16. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ…..
    Salam kenal pak alex, saya ingin akrabkan diri dg sedulur 4 5 pancer. mohon kira ñƳª saya dikirim jg mellui email. Trimakasih.

  17. Assalamualaikum….
    maaf boleh saya minta ke email saya.
    trimakasih sekali saya tunggu emailnya.

  18. Sudah saya kirimkan ke email masing-masing ya. Jika ada yang kelewatan, silahkan untuk kontak. Nuwun

  19. Assalamualaikum kang….. Mohon dikirm ya ke email saya ….nuwun mass saya mau mengakrab kan diri atau pun bertemu sedulur papat limo pancer….di tunggu ya kang nuwun nuwun

  20. dalam hidup bapak selalu bilang untuk selalu ingat sama saudaramu kakang kawah adi ari2 papat kiblat limo pancer, mungkin yang dimaksud bapak sedulur papat lima pancer, tapi saya masih sedikit bingung, mohon share artikelnya ya pak Alex. Salam kenal. Nuwun

  21. Bagi yang ingin mendapatkan papernya, langsung isi data di samping kanan atas website ini (data nama dan email), setelah itu cek emailnya untuk melakukan konfirmasi. Maka secara otomatis setelah itu akan dikirimkan link download papernya. Tetapi jika tidak melakukan konfirmasi pendaftaran, biasanya link downloadnya tidak akan terkirim. Karena hal demikian saya setting untuk mengotomatiskan pengiriman papernya, hal ini dikarenakan kesibukan saya sehingga tidak bisa memantau secara real time, sehingga saya buat otomatis.
    Demikian harap menjadi maklum, terima kasih.
    Salam

  22. mas saya pernah belajar supaya bisa ketemu sedulur papat tapi saat saya ngelakukan semedi kurang konsentrasi jd saya gak bisa ketemu, cuma sinar gelap terus percikan2 putih setelah itu hilang.. jd gimana agar bisa ketumu sedulur papat kita ini ya mas.., tolong pencerahannya y mas ??

  23. assalamualaikum….
    Pak Alex, mhn bantuan. dn keikhlasan Bpk utk mengirimkan
    artikel sedulur 4 5pancer ke email saya. Saya ingin sekali bertemu dan ingin tau siapa sejatinya diri saya Pak Matur nuwun sak derenge . Mugo
    ALLAH SWT memudahkan semuanya kpd Anda.
    Ini email saya bnugroho390gmail.com

  24. asslmualaikum ….. salam kenal kang. saya jajang dari bandung sangat tertrik dengan artikel nya dan saya ingin lebih tau banyak tentang 4_5pancer sekiranya akang bisa kirimi saya email tetang artikel terkait dan ini emeil nya jsopian86@gmail.com sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terma kasih semga tetep sukses dan berjiwa luhur

  25. Ass. Wr. Wb., Pak Erwin.. Saya baru membaca artikel2 diblog Bpk.., saya sgt tertarik untuk belajar lebih lanjut artikel ini..; mohon kiriman artikelnya via email, trims

  26. Mf mas kalau diperbolehkan saya jg ingin mengamalkanya.. Mohon bantuan untu mengajari caranya (ekonrwnt2@gmail.com)
    Terimaasih.

  27. saya tertarik sekali mas, ini baru bingung ada kiai yang nyuruh nemuin sedulur papat(malaikat muqorrobin/kakang kawah(isrofil) adi ari ari(jibril) ponang getih(izroil) puser(mikail))maaf kalo kliru.mohon di kirim papernya ke batik.keraton9@gmail.com maturnuwun

  28. assalamualaikum…
    salam asih mas…dan slm kenal.
    sngat bagus postingnya saya senang untuk sling berbagi pengalaman dan bisa kirim artikelnya melalui wab saya …
    trimaksih…

  29. Asslmkum, slam knal kang, sy sngt tertarik dgn postingannya. mohon kriman papernya kang. matur nuwun atas bimbinganny

  30. Sudah saya kirim ke semua email ya. Apabila ada yang terlewatkan, bisa segera hubungi saya. Tks

  31. Wah, terima kasih mas alex….
    Sudah nyampe dan barusan selesai di dunlut nih…
    Sangat sangat sangat matur suwun…..

  32. assalamualaikum..
    Pak Alex, mhn bantuan dan keikhlasan bpk utk mengirimkan artikel sedulur 4, 5pancer ke email sy. Matur nuwun.

  33. Selamat Pagi Pak Alex, saya tertarik dengan Artikel Bapak tentang Sedulur Papat Limo Pancer, mudah2 an Bapak berkenan untuk mengirimkan saya Artikel tentang guru sejati tersebut Pak Alex, terima kasih.

  34. selamat malam pak erwin?? saya amat sangat tertarik dan ingin mengerti tentang sedulor papat limo pancer.
    mohon petunjuk dan tuntunan nya pak erwin.
    semoga bermanfa’at bagi saya pribadi amin..!

    trima kasih…?

  35. assalamu’alaikum, Pak Alex, mhn bantuan dan keikhlasan bpk utk mengirimkan artikel sedulur 4, 5pancer ke email sya, saya lg belajar mengenal diri, blm phm btul hal itu. nuwun.

  36. aslmualaikum….blh sy meminta tolong juga untuk dikirimkan artikel mengenai sedulur 4, 5 pancer ke email sy? terimakasih sblmnya ms erwin :)

    _/\_ rahayu

  37. assalamu’alaikum, Pak Alex, mhn bantuan dan keikhlasan bpk utk mengirimkan artikel sedulur 4, 5pancer ke email sya, saya lg belajar mengenal diri, blm phm btul hal itu. nuwun.

  38. assalamualaikum…
    alhamdulillah setelah sy.baca di atas..sy kog jd ingin belajar..dan memang sy kurang paham..sudi kiranya bpk.alex memberikan penjeladan dan makna dr maksud di atas ya..
    trima kasih seblumnya..
    semoga bpk dan kluarga sllu dlm lindungan ALLAH SWT amin…
    akhirul salam…wassalamualaikum.:-):-)

  39. Salam Rahayu

    Pa Alex, saya tertarik untuk mempelajari guru sejati.
    Apakah Pa Alex berkenan untuk berbagi modul ke saya.

    Makasih :)

  40. Salam sejaterah mas Erwin Alexandra
    tolong kirimkan ke email saya karena saya ingin belajar menemui guru sejati saya

    GOD BLESS YOU

  41. Assalamualaikum Pak Erwin.., saya sangat tertarik dengan Sedulur Papat Limo Pancer, mohon sekiranya Pak Erwin sudi serta berkenan mensharenya ke saya, atas ilmunya saya ucapakan banyak-banyak Terima Kasih ke Pak Erwin, semoga Allah S.W.T membalas kebaikan Pak Erwin.

  42. Sangat menarik topik pembahasannya kang alex..bisakah saya mendapatkan paper yang njenengan maksudkan tersebut..mungkin saya orang yang jadul yang gak ngerti apa-apa ya jadi kalo ada salahnya mohon maaf sebesar-besarnya..matur suwun kang Alex

    • Terimakasih sudah berkunjung Kang Anton. Sudah saya kirimkan, silahkan dicek emailnya. Salam

  43. Salam,

    Trmksh untuk share ttg “SPKP”…Mohon dikirimkan paper jika berkenan. Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

    Salam

  44. Assalamungalaikum slam sejahtera pak alex..
    Sya mau menanyakan tentang sedulur . apakah sedulur itu juga beribadah di alamnya n apakah kita yng lain agama hanya menuruti kemauan pribadi/nafsu apa kemauan dri hati atau rasa?

  45. Assalammualaikum kang, nyuwun tulung artikelipun di sharing dateng email kulo, matur nuwun ingkang kathah sadurungipun kang,

    Nuwun,
    Wassalam,

  46. Assalamu’alaikum wr. wb.
    salam kenal mas, tulisan yang bagus.
    bisa kirim sekalian ke email saya. thx
    Wassalam..

  47. assalamualaikum
    wah saya tertarjk dengan materi panjenengan pak lek
    mohon ijin materinya nggeh

  48. assalamualaikum Wr.Wb
    salam kenal mas saya sangat tertarik dengan artikel panjenengan,bisa kiranya dikirimkan ke alamat email sy, trimakasih

    • Wa’alaikumsalam, salam kenal, sudah saya kirimkan ke email panjenengan. Terimakasih.

      • Assalammu’alaikum,,
        Mas kalau boleh saya juga minta dikirimkan modul/artikel tentang sedulur papat, dari dulu nyari yang ori bukan ‘pikiran google’ belum ketemu. hehee
        Makasih sebelumnya.
        Wassalammu’alaikum Wr. Wb.

  49. Assalammu’alaikum Wr. Wb.
    Mas kalau boleh minta share juga modul/artikel sedulur papatnya ke email saya, trimakasih sebelumnya.

    Wassalammu’alaikum Wr. Wb.

  50. Ass sugeng dalu mas kulo saking kalimantan timur sae artikel panjenengan, kulo nyuwun share wonten email kulo nggih,,bab sedulur 4 kalimo pancer kulo bde ngamal aken matur suwun sugeng dalu wassalam. ptpowerindokaltim@yahoo.com

  51. Assalamualaikum pak Alex
    Tolong klo bs kirim lewat email sy artikelnya
    sya ingin tau bgmn sedulur papat limo pancer itu
    ( guru sejati )mohon petunjuk dan saran nya
    email :
    arsindo_pd@yahoo.com
    terima kasih pak Alex
    wasalm

  52. Wa’alaikumsalam
    Untuk semuanya, sudah saya kirimkan ke email Anda. Semoga bermanfaat.

  53. assalamu alaikum.
    Mohon ijin kang, saya sangat berminat sama artikel sedulur papat kelimo pancer, mohon dikirimi artikelnya ya kang.. trims

  54. pak erwin saya ingin mendalami sedulur papat limo pancer. tetapi saya beragama buddha. bisakah saya mengamalkan sedulur papat limo? mohon bantuannya ke email : assaoke@ymail.com

  55. Salam damai..
    bagaimana caranya agar lebih mengenal saudara kita..?
    mohon pencerahan pak…
    trima kasih..

  56. Asalamualaikum,,
    Saya tertarik akan artikel anda,,
    Tolong bisa berbagi dengan saya,,
    Suwonn,,trimakasih

    Wasalam,,

  57. Assalamualaikum Pak Erwin.., saya sangat tertarik dengan Sedulur Papat Limo Pancer, mohon sekiranya Pak Erwin sudi serta berkenan mensharenya ke: krismeitanto@gmail.com, mohon ijin tuk mengamalkannya, atas ilmunya saya ucapakan matur suwon sanget,

  58. Untuk semuanya, sudah saya kirimkan ke email masing-masing. Mohon maaf agak lama dikarenakan sedang agak padat di aktifitas keduniaan. Sah Lam

    • sy tertarik untuk mempelajari bahasan maupun materi sedulur papat limo pancer dlm pengertian dan konteks ingsun sejati, tahapan maupun cara utk sampai kesana….oleh krn itu sy berharap bs dikirim materinya via email 557_indramaji@outlook.com
      thxs…….

  59. Teruntuk saudara semua, sudah saya kirimkan file nya ke email masing-masing, silahkan dicek. Alih Sah Lam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>